ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOPI LIBERIKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA UMKM
Abstract
Melihat lingkungan sekitar peran kopi liberika memberi kekuatan besar terhadap kegiatan ekonomi dan perkembangan kebudayaan suatu daerah. Dalam melakukan usaha khususnya pengembangan kopi tidak lepas dari adanya strategi atau cara agar usaha yang dilakukan sesuai dengan harapan. Strategi marketing ( pemasaran) akan memberikan banyak pengaruh kepada para produsen. Tidak hanya pengaruh untuk internal namun eksternalnya juga akan berkembang dengan pesat. maka dari itu kegiatan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Stategi Pemasaran Kopi Liberika Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Umkm. Metode penelitian lapangan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang didapatkan adalah dengan meningkatnya penggunaan strategi dalam memasarkan suatu produk akan meningkat pula kualitas kinerja seorang karyawan umkm. Faktor yang mendorong mereka salah satunya dengan menggunakan strategi pemasaran yang jelas akan menghasilkan profit atau keuntungan yang lebih besar. Sebagian besar perusahaan kopi liberika di kab. Tanjung Jabung Barat menggunakan cara pemasaran masing-masing sesuai dengan landasan teori peneliti namun, sebagian juga masih belum menggunakan strategi pemasaran yang efektif.