Peranan Komunikasi Organisasi Dalam Pengembangan Bisnis Syariah
Abstract
Keterampilan komunikasi sangat penting dalam kehidupan organisasi, bahkan menjadi suatu kebutuhan. komunikasi dalam organisasi menjadi poin kunci dalam menciptakan situasi dan lingkungan yang menguntungkan, menciptakan komunikasi yang berkesinambungan, meningkatkan kepercayaan publik, meningkatkan citra baik perusahaan/organisasi bahkan membantu mempromosikan dan meningkatkan pemasaran produk/jasa. Oleh karena itu, setiap individu, bukan suatu komunitas, harus mengatur, memahami, melaksanakan dan mengembangkan komunikasi dalam organisasi dengan benar. Komunikasi pada bisnis syariah merupakan proses berbagi informasi antara orang-orang di dalam dan di luar perusahaan. Komunikasi bisnis yang efektif adalah cara karyawan dan manajemen berkomunikasi untuk mencapai tujuan bisnis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan praktik bisnis dan mengurangi kesalahan.
Komunikasi organisasi adalah sebuah proses penerimaan dan penyampaian pesan dalam suatu jaringan hubungan yang saling bergantung satu sama lain. Seorang pemimpin dalam menjalankan roda kepemimpinannya harus memiliki keterampilan yang baik dalam berkomunikasi agar proses komunikasi yang terjadi didalam organisasi dapat berjalan dengan baik yang melibatkan komunikasi antara pemimpin dengan bawahannya atau sebaliknya. Dalam fungsinya seorang pemimpin harus menguasai komunikasi yang efektif dan juga harus jeli membaca situasi dan kondisi yang sedang terjadi sehingga seorang pemimpin dapat menyampaikan informasi dengan baik dan informasi tersebut dapat diterima dengan baik oleh pegawainya. Dalam proses pelaksanaannya komonikasi organisasi tergantung bagaimana individu didalam dapat berkomunikasi dengan baik dan terencana sehingga target yang telah ditetapkan oleh organisasi tersebut dapat tercapai.