STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK OLAHAN KOMODITAS HASIL LAUT DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam memasarkan produk olahan hasil laut di Tanjung Jabung Barat. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting di butukan dalam menjalankan sebuah usaha. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskritif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti ada tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah membangun komunikasi yang baik, kemasan dan promosi. Adapun hambatan dalam memasarkan produk adalah dari segi proses pembuatan yang memiliki kendala yaitu cuaca, dari segi proses pemesanan yang memiliki kendala yaitu kurangnya bahan baku dan bentuknya kurang menarik konsumen, kurangnya sumber daya manusia. Upaya mengatasi hambatan dalam memasarkan produk adalah dengan penambahan bahan baku seperti membeli udang, ikan dan berlangganan langsung ke nelayan, membuat inovasi yang unik, serta penambahan sumber daya manusia.