MELALUI METODE DISKUSI DENGAN TEHNIK PERMAINAN MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG BUDI PEKERTI SISWA KELAS VI DI SDN 071/V PEMATANGBULUH
Abstract
Belajar mengajar yang apa bila kurang melibatkan siswa secara aktif membuat siswa merasa monoton dan bosan dengan kegiatan di kelas, dalam kegiatan belajar mengajar yang biasa secara klasikal dan hanya menggunakan buku sebagai sumber belajar. Pada kenyataannya pendidik hanya menggunakan satu metode saja, ternyata membuat hasil siswa kurang memuaskan. Upaya meningkatkan hasil belajar dilakukan dengan metode diskusi dengan tehnik permainan monopoli untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang budi pekerti siswa kelas VI di SDN 071/V Pematangbuluh tahun ajaran 2018/2019, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan,setiap pertemuan dilakukan 2x35 menit. Dengan diskusi dengan tehnik permainan monopoli ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa, siswa terlihat semngat dan hubungan antar siswa terlihat akrab, kegiatan belajar siswa meningkat
