Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Positif Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat

  • Imam Khalid
  • Umi Nadiroh
Keywords: Strategi, Humas, Pemerintah, Citra

Abstract

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyadari banyaknya media massa dan majunya sarana informasi di kalangan masyarakat belum menjadi jaminan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat, oleh Karena itu, Humas bagi Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sangat penting dan strategis, terutama dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap informasi dan untuk meningkatkan citra positif Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi, Hambatan dan Upaya Humas Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam meningkatkan citra positif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa dalam meningkatkan citra positif humas memiliki strategi, yaitu mengolah data, mempublikasikan kegiatan dan pencapaian Pemerintah, melakukan komunikasi dua arah, bekerjasama dengan media dan menggunakan media sosial humas serta menganalisa berita yang masuk dan keluar terkait Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Faktor penghambatnya adalah kurangnya minat baca masyarakat,  upaya dalam mengatasi hambatan strategi tersebut dengan bekerja sama dengan media massa dan pemanfaatan spanduk, baliho dan lain-lain.

Published
2024-12-24
How to Cite
Khalid, I., & Nadiroh, U. (2024). Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Citra Positif Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. At-Tadabbur : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(II), 87-95. Retrieved from http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/Attadabbur/article/view/901
Section
Articles