Peran Konten Video Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen Di E-Commerce Shopee

  • Sri Kasnelly IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
  • Marwiyah Marwiyah IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
Keywords: Konten Vidio, Minat Beli Konsumen, E-Commerce Shopee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran konten video dalam meningkatkan minat beli konsumen di Shopee. Dengan menggunakan metode studi literatur review, penelitian ini mengevaluasi berbagai sumber akademik mengenai efektivitas konten video sebagai alat pemasaran digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten video mampu meningkatkan daya tarik produk, membangun kepercayaan konsumen, menyederhanakan penyampaian informasi, meningkatkan visibilitas merek, serta mendorong konversi penjualan. Video produk yang menarik dan informatif memungkinkan konsumen untuk memahami fitur dan manfaat suatu produk dengan lebih baik, sehingga mengurangi ketidakpastian dalam pembelian online. Selain itu, strategi pemasaran berbasis video yang melibatkan influencer dan ulasan pelanggan terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan konsumen dan membentuk keputusan pembelian. Dengan demikian, pemanfaatan konten video produk menjadi strategi penting bagi pelaku usaha dalam meningkatkan daya saing di platform e-commerce.

References

Anggraini, Fera, and Mirzam Arqy Ahmadi, ‘Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Di Kalangan Generasi Z : Literature Review’, Journal of Management and Creative Business, 3.1 (2025), pp. 62–73

Angkasa, Natalia, Fenny Krisna Marpaung, Yeni Rafita Sihombing, Juli Meliza, Austin Holando, Shapira Evani, and others, ‘Influencer Price and Content Marketing Influencer on Skintific Consumer Buying Interest’, COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting, 7.4 (2024), pp. 8703–12

Ariyo, Raden V B, and Anhari Achadi, ‘Penggunaan Strategi Pemasaran Digital Dalam Layanan Kesehatan Di Saat Pandemi COVID-19: Literature Review’, Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5.7 (2022), pp. 769–74, doi:10.56338/mppki.v5i7.2304

Arqam, Luthfir, and Medo Maulianza, ‘Pengaruh Konten Instagram Terhadap Minat Beli Produk Erigo’, Bandung Conference Series Communication Management, 3.3 (2023), pp. 960–71, doi:10.29313/bcscm.v3i3.9611

Fahmy, Arief A, Wiyadi Wiyadi, Muzakar Isa, and Zulfa Irawati, ‘The Influence of Brand Image and Price Perceptions on Purchasing Decisions Mediated by Consumer Buying Interest in Levi Strauss &Amp; Co’, Bijmt, 4.1 (2024), pp. 117–36, doi:10.55606/bijmt.v4i1.2672

Hermanto, Hermanto, and Roky Apriansyah, ‘The Role of Price in Mediating Culture Against Consumer Buying Interest at CV. Keisha Bersaudara’, Ijfbm, 2.3 (2024), pp. 191–202, doi:10.59890/ijfbm.v2i3.1885

Mardiani, Eri, Nur Rahmansyah, Sari Ningsih, Endah T E Handayani, Deny Hidayatullah, Satriawan Desmana, and others, ‘Peningkatan Penjualan Umkm Alby Key Dengan Pemasaran Digital’, Minda Baharu, 7.1 (2023), pp. 57–64, doi:10.33373/jmb.v7i1.5330

Nggabut, Maria Heppylaria, Fransiska M D Enco, Fitrya Amanda Surip, and Yohanes Pemandi Lian, ‘Peran Kontent Marketing Dan Free Ongkir Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Shopee’, JOURNAL Economic, Accounting, Management and Business, 8.1 (2025), pp. 16–21

Niam, M. Fathun, Emma Rumahlewang, Hesti Umiyati, Ni Putu Sinta Dewi, and Suci Atiningsih, Upaya Menumbuhkan Self-Confidence Berbicara Bahasa Arab Melalui Aplikasi Plotagon Pada Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon, General and Specific Research, 2024, IV <https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/744/784>

Nurimani, Gina S, ‘Strategi Promosi Di Media Sosial Dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian’, Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 2022, pp. 54–58, doi:10.29313/jrmk.v2i1.1007

Prayoga, Krisna, Abdullah Mukhsin, and Yosandi Yulius, ‘Strategi Promosi Untuk Mendorong Minat Beli Konsumen Madcoco Di Jakarta’, Ikraith-Ekonomika, 7.3 (2024), pp. 259–65, doi:10.37817/ikraith-ekonomika.v7i3.4272

Rahayu, Anita, Hendrati D Mulyaningsih, and Nindya Saraswati, ‘Pengaruh Video Content Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Yang Dimoderasi Oleh Harga’, Bandung Conference Series Business and Management, 4.1 (2024), pp. 447–53, doi:10.29313/bcsbm.v4i1.11127

Rosita, Yesy D, Dany C Febrianto, and Andi P Yunus, ‘Sosialisasi Dan Workshop Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Masyarakat Desa Kalibenda, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas’, Ijcosin Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 4.2 (2024), doi:10.20895/ijcosin.v4i1.1452

Sukmana, Khrisna A, Muhammad A Razandi, Muhammad A A Maulana, and Erwan Sudiwijaya, ‘Manajemen Produksi Konten TikTok @Ipantat12 Dalam Endorse Produk’, Jurnal Audiens, 4.2 (2023), pp. 264–77, doi:10.18196/jas.v4i2.26

W, Satria W, Rayhan A Yunandhityo, and Faishal A Ghifari, ‘Model Produksi Konten TikTok Untuk Promosi Produk @Silverfank’, Jurnal Audiens, 4.3 (2023), pp. 371–82, doi:10.18196/jas.v4i3.56

Yusuf, Ramayani, Heny Hendawati, and Lili Adi Wibowo, ‘Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1.2 (2020), pp. 506–15, doi:10.38035/JMPIS

Published
2025-07-19