Perkembangan Fisik Motorik Kasar Dan Motorik Halus
Abstract
Perkembangan Fisik dan Motorik Anak Usia Dini merupakan salah satu kemampuan dasar yang sangat penting yang perlu dimiliki oleh setiap anak untuk di kembangkan dengan optimal. Perkembangan fisik motorik ini meliputi fisik motorik kasar dan fisik motrik halus yang saling berkaitan. Perkembangan fisik dan motorik sering dijadikan sebagai tolak ukur untuk membuktikan bahwa anak berkembang dengan baik. Perkembangan motorik dalah sesuatu yang membicarakan gerakan jasmani yang terkoordinasi, sehingga dalam perkembangannya membutuhkan berbagai stimulasi yang tepat untuk anak usia dini. Stimulasi ini dapat diberikan oleh orang tua, keluarga, guru, maupun lingkungan baik itu lingkungan rumah. Perkembangan fisik dan motorik ini pun harus perlu pengawasan yang tepat agar tidak salah arah untuk kelanjutan usia anak. Memberikan waktu yang banyak untuk anak melakukan kegiatan-kegiatan yang menunjang perkembangan fisik dan motorik anak usia dini.
References
Aguss, Rachmi Marsheilla. “ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS USIA 5-6 TAHUN PADA ERA NEW NORMAL.” SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL 2, no. 1 (January 31, 2021). https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.998.
Aisyah, Siti. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengemabangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Alif Muarifah Dan Nurkhasanah Identfiikasi Keterampilan Motorik Halus Anak, n.d.
Ardy Wiyani, Novan, and Barnawi. Format PAUD: Konsep, Karakteristik, & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
B. Purwakania Hasan, Aliah. Psikologi Perkembangan Islami Menyingkap Rentang Kehidupan Manusia Dari Prakelahiran Hingga Pascakelahiran. Bandung: PT.Rajawali Pers, 2006.
Cecep, Cecep, Deden Thosin Waskita, and Nurlaela Sabilah. “UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI METODE DEMONSTRASI.” Jurnal Tahsinia 3, no. 1 (April 30, 2022): 63–70. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.313.
Dacholfany, Ihsan, and Uswatun Hasanah. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: AMZAH, 2018.
Depdiknas, Depdiknas. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik/Motorik Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak, 2017.
Faila Shofa, Mila. “Inovasi Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” Buana Gender 5, no. 2 (July 2020): 85–96.
Ismawati, and Azlin Atika Putri. “Pengaruh Permainan Ligu Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Doa Bunda Pematang Benteng Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (April 2020): hlm. 41. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3913.
Kamelia, Nur. “PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI (STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK ) STPPA TERCAPAI di RA HARAPAN BANGSA MAGUWOHARJO CONDONG CATUR YOGYAKARTA.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 2, no. 2 (November 30, 2019): 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064.
Khairi, Husnuzziadatul. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun.” Jurnal Warna 2, no. 2 (n.d.).
Muarifah, Alif, and Nurkhasanah Nurkhasanah. “Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak.” Journal of Early Childhood Care and Education 2, no. 1 (March 12, 2019): 14. https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564.
Nadia Wandi, Zherly, and Farida Mayar. “Analisis Kemampuan Motorik Halus Dan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (December 9, 2019): 351–58.
Nurani Sujiono, Yuliani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks, 2016.
Pertiwi, Dian, Ulwan Syafrudin, and Rizky Drupadi. “Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Baca Tulis Hitung Untuk Anak Usia 5-6 Tahun.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (April 14, 2021): 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875.
Pura, Dwi Nomi, and Asnawati Asnawati. “Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil.” Jurnal Ilmiah Potensia 4, no. 2 (July 28, 2019): 131–40. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140.
Riza, Muhammad. “DETEKSI PERKEMBANGAN KOMPETENSI MOTORIK ANAK DI PAUD NADILA KEC. BEBESEN KAB. ACEH TENGAH.” Jurnal As-Salam 2, no. 3 (December 31, 2018): 42–51. https://doi.org/10.37249/as-salam.v2i3.97.
Saputra, Aidil. “PENDIDIKAN ANAK PADA USIA DINI.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10, no. 2 (Desember 2018): 192–209.
Sujiono, Bambang. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Suryana, Dadan. Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia, 2018.
Susanto, Ahmad. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017.
Ulfah, Maulidya, and Suyadi. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
Yusuf LN, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.