Argumen Pengembangan Kebijakan Pendidikan Islam
Abstract
Pengembangan kebijakan pendidikan Islam menjadi kebutuhan mendesak di tengah tantangan globalisasi, perubahan sosial, dan kemajuan teknologi. Pendidikan Islam tidak hanya berfungsi untuk memberikan pengetahuan agama, tetapi juga membentuk karakter generasi yang berakhlak mulia, kompeten, dan siap menghadapi persaingan global. Tulisan ini mengkaji urgensi pengembangan kebijakan pendidikan Islam, termasuk adaptasi terhadap perubahan sosial dan teknologi, penguatan identitas keislaman, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam lembaga pendidikan Islam. Beberapa strategi penting dikemukakan, seperti pengembangan kurikulum yang integratif, peningkatan kompetensi tenaga pendidik, pemanfaatan teknologi, dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan. Dampak positif dari pengembangan kebijakan ini meliputi peningkatan kualitas pendidikan, pembentukan karakter Islami, dan kontribusi bagi pembangunan masyarakat dan bangsa. Dengan kebijakan yang terus diperbarui, pendidikan Islam diharapkan mampu menjadi fondasi utama dalam membangun masyarakat yang berkarakter, berkeadilan, dan berdaya saing.
References
Ardiansyah, Minnah El Widdah, and Su’aidi, ‘Argumen Pengembangan Kebijakan Pendidikan Islam’, Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2.1 (2024), 84–93 <https://doi.org/10.61104/jq.v1i2.135>
Djamil, Nasrullah, Khairunnas Rajab, and Helmiati Helmiati, ‘Analisis Kebijakan Pendidikan Islam Di Negara Yang Dilanda Konflik: Studi Kasus Di Pattani Thailand’, Jurnal EL-RIYASAH, 12.2 (2022), 171 <https://doi.org/10.24014/jel.v12i2.15522>
haris, ‘Kebijakan Pendidikan Islam’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7.November (1967), 14–25
Hoddin, Muhammad Sholeh, ‘Dinamika Politik Pendidikan Islam Di Indonesia’, Jurnal Ilmiah Iqra’, 14.1 (2020), 15
Jumira Warlizasusi, Hj, MPd -Dr Sumarto, MPdI Ade Wahyu Kurniawan, Affrilia Nafa Sundari, Ana Mawaddah, Babara Susyanto, and others, Penerbit Buku Literasiologi Kerja Sama Dengan Pascasarjana IAIN Curup Alamat Penerbit http://literasikitaindonesia.com>
Kurikulum, Pengembangan, and Pendidikan Isla, ‘Institut Agama Islam Darussalam ( IAID ) Ciamis Jawa Barat 1’, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.2 (2022), 97–111
Maghfuri, Amin, ‘Analisis Politik Dan Kebijakan Pendidikan Islam Pada Awal Orde Reformasi (1998-2004)’, Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8.1 (2020), 14–26 <https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/614/924>
Mubarak, Faisal, ‘Perkembangan Kebijakan Pendidikan Islam Indonesia’, Jurnal Ta’lim Muta’allim, 4.8 (2015), 8 <https://doi.org/10.18592/tm.v4i8.513>
Nadhif Muhammad Mumtaz, ‘Kebijakan Pendidikan Islam Dari Masa Ke Masa’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.2 (2022), 414
Najah, Zuyinatun, ‘Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Kebijakan Pendidikan Pondok Pesantren Di Jawa Timur’, Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.2 (2022), 100–109 <https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i2.13948>
Nuryanta, Oleh Nanang, ‘Abdi,+Volume+VIII+Th+VI+Juni+2003-04-Nuryanta’, VIII (2003)
Nuryasin, Muhamad, and Margono Mitrohardjono, ‘Strategi Perencanaan Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia’, Jurnal Tahdzibi : Manajemen Pendidikan Islam, 4.2 (2019), 77–84 <https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.2.77-84>
Pitri, Alisyah, Hapzi Ali, and Kasful Anwar Us, ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendidikan Islam: Paradigma, Berpikir Kesisteman Dan Kebijakan Pemerintah (Literature Review Manajemen Pendidikan)’, Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2.1 (2022), 23–40 <https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i1.854>
Rifa’i, Moh., ‘Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Era Otonomi Daerah’, Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.1 (2017), 99–114 <https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.31>
Salamun, Ade, and Sofyan Sauri, ‘Isu Dan Masalah Dalam Analisis Evaluasi Dan Pengembangan Kebijakan Pendidikan Agama Islam’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12.01 (2023), 219–40 <https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2859>