PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARI’AH SEMESTER IV DAN VI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AN-NADWAH KUALA TUNGKAL

  • Maulida Amalia Putri Ahmad Luthfi Abd. Rahim Saidek
Keywords: Literasi Keuangan, Mahasiswa, Perilaku Konsumtif

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini tentang perilaku konsumtif yang diakibatkan karena pesatnya perkembangan industri yang telah mampu menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan masyarakat ataupun mahasiswa. Penyediaan barang yang berlimpah dan memiliki banyak pilihan membuat seseorang mudah tertarik untuk memiliki dan mengonsumsi barang tersebut. Ditambah lagi maraknya sistem belanja online dan pusat perbelanjaan yang tersebar dimana-mana. Semua orang mulai bersaing dalam memenuhi kebutuhan mereka bahkan sesuatu yang bukan menjadi kebutuhan akan terpenuhi karena adanya keinginan yang kuat untuk memiliki atau mengonsumsi. Sehingga  memenuhi barang atau jasa tidak didasarkan lagi pada skala prioritas namun didasarkan pada hasrat dan keinginan sehingga dapat menyebabkan pemborosan. Untuk itu perlu digunakan suatu pengelolaan keuangan yang baik dan terarah. Pengelolaan keuangan yang tepat harus didukung oleh literasi keuangan yang baik. Tingginya tingkat literasi keuangan mengindikasikan tingginya kemampuan dalam mengambil keputusan keuangan dan melakukan pengelolaan keuangan. Dan tingkat literasi yang tinggi akan membuat seseorang menjadi sadar akan pentingnya pengelolaan dan perencanaan keuangan yang pada akhirnya akan meningkatkan saving behavior. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Ekonomi Syari’ah.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang diambil dari mahasiswa Program Studi Ekonomi Syari’ah semester IV dan VI yang telah menempuh mata kuliah yang berkaitan dengan literasi keuangan yakni manajemen keuangan dan akuntansi keuangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan pusposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitan ini sebanyak 143 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan program SPSS versi 24. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa perilaku konsumtif akan menurun sebesar 0.200 dengan setiap penambahan literasi keuangan. Besar pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif yaitu sebesar 11.6%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Ekonomi Syari’ah semester IV dan VI STAI An-Nadwah

Published
2020-12-10
How to Cite
Abd. Rahim Saidek, M. A. P. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARI’AH SEMESTER IV DAN VI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AN-NADWAH KUALA TUNGKAL. Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(II), 1-19. Retrieved from http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/almizan/article/view/177