PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI LIBERIKA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA GERAI UMKM MEKAR JAYA
Abstract
Harga dan kualitas produk merupakan faktor penentu kepuasan konsumen setelah melakukan pembelian dan pemakaian terhadap suatu produk. Gerai UMKM Mekar Jaya membuka usaha kopi siap olah dan siap saji. Meskipun harga kopi berbeda agak mahal dengan kopi di warung biasa namun konsumen yang datang melakukan pembelian cukup banyak yaitu setiap hari rata-rata 50 orang dan penjualan pun setiapĀ bulannya mengalami peningkatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Harga terhadap keputusan pembelian kopi liberika pada gerai UMKM Mekar Jaya.(2) Kualitas produk terhadap keputusan pembelian kopi liberika pada gerai UMKM Mekar Jaya. (3) Harga dan kualitas produk terhadapkeputusan pembelian kopi liberika pada gerai UMKM Mekar Jaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah semua konsumen yang datang ke gerai UMKM Mekar Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwaharga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 0,385 (p<0,05). Kualitas produktidakberpengaruhpositif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar -,629 (p<0,05). Secara bersama-sama harga dan kualitas produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung sebesar0,214 (p<0,05) dan nilai R2 sebesar 99,4%
