Perilaku Konsumen Dalam Ekonomi Islam
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perilaku konsumen berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menerapkan evaluasi mendalam melalui metode pengumpulan data sekunder, termasuk penelitian pustaka dan pencarian internet. Data diperoleh dari jurnal dan artikel yang berfokus pada perilaku konsumen. Hasil menunjukkan bahwa perilaku konsumen melibatkan tindakan dan interaksi sosial dari individu, kelompok, atau organisasi dalam mengevaluasi, memperoleh, dan menggunakan barang atau jasa melalui proses pertukaran atau pembelian. Faktor-faktor seperti budaya, sosial, pribadi, dan psikologis memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dalam konteks ekonomi Islam, perilaku konsumen ditekankan pada komprehensivitas dan etika dalam seluruh prosesnya. Konsumen Muslim disarankan untuk menghindari gaya konsumsi yang berlebihan yang didasarkan pada hawa nafsu, karena hal ini bertentangan dengan nilai-nilai Islam dan dapat merusak kehidupan masyarakat.
References
Adiwarman. Ekonomi Islam Suatu Kajian Kontemporer. Jakarta: Gema Insani, 2017.
Ayodya, Wulan. UMKM 4.O Strategi UMKM Memasuki Era digital. Jakarta: Gramedia, 2022.
Fathrul Quddus, Muhammad. “Kritik Konsumerisme Dalam Etika Konsumsi Islam.” Jurnal: Malia 13, no. 1 (2021).
Ilyas, Rahmat. “Etika Konsumsi Dan Kesejahteraan Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam 1, no. 1 (2016). http://dx.doi.org/10.30821/ajei.v1i1.367.
Mardani. Hukum Sistem Ekonomi Islam. Depok: Rajawali Press, 2022.
Muflih, Muhammad. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.
Nawawi, Ismail. Perilaku Administrasi, Paradigma, Konsep, Teori dan Pengantar Praktek. Surabaya: ITS Press, 2007.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi UII. Ekonomi Islam. Jakarta: Rajawali Press, 2014.
S. Pradja, Juhaya. Ekonomi Syariah. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Suharyono. “Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 4, no. 2 (2018).
Wigati, Sri. “Perilaku Konsumen Dalam Prespektif Ekonomi Islam.” Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam 1, no. 1 (2011).
