Jual Beli Dalam Perspektif Islam

  • Nikmatus Salwa IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
  • Ahmad Luthfi IAI An-Nadwah Kuala Tungkal
Keywords: Jual Beli, Perspektif, Islam

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain dalam berbagai hal, termasuk dalam hal melakukan kegiatan ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia tidak mungkin bisa memenuhi kebutuhan hidupnya seorang diri, mengingat begitu banyak serta beragamnya kebutuhan itu sendiri. Keterbatasan manusia akan mendorong untuk berhubungan satu sama lain dalam pemenuhan kebutuhannya, baik dengan bekerja sama, melakukan tukar-menukar barang maupun dengan cara melakukan jual beli dan lain sebagainya.

References

Abdullah. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Terbaru. Jakarta: Sandro Jaya, 2007.

Abdullah, Boedi, dan Beni Ahmad Saebani. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2014.

Aziz Muhammad Azzam, Abdul. Fiqh Muamalat Sistem Transaksi Dalam Islam. Jakarta: AMZAH, 2010.

Departemen Agama RI Al-Hikmah. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: Cv. Diponegoro, 2010.

Djuwaini, Dimyaudin. Pengantar Fiqih Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Mardani. Hukum Sistem Ekonomi Islam. Depok: Rajawali Press, 2022.

Sabiq, Sayyid. Fiqih Sunnah XII, alih bahasa Kamaludin A Marzuki. Bandung: PT Alma’arif, 1989.

Suhendi, Hendi. Fiqh Muamalah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Published
2025-07-11
How to Cite
Salwa, N., & Luthfi, A. (2025). Jual Beli Dalam Perspektif Islam. Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 8(1), 41-48. https://doi.org/10.54459/almizan.v8i1.997